Daun Takokak Tanaman Obat Penyakit Jantung

Daun Takokak tanaman obat penyakit jantung - Salah satu pengobatan alternatif dengan membuat ramuan tradisional obat jantung seperti Daun Takokak yang merupakan jenis tanaman herbal untuk mengobati penyakit jantung.

Pengobat Tradisional Alami Penyakit Jantung dengan Daun Takokak

Pengobatan ramuan herbal seperti daun takokak telah banyak ditemukan dan di gunakan untuk obat tradisional alami. Berikut adalah resep daun takokak untuk obat penyakit jantung.
Takokak

Bahan-bahan:
  • 6 Lembar daun takokak
  • ½ Jari rimpang kunyit
  • ½ Cangkir air masak
  • 1 sdm madu

Cara membuatnya:
  1. Cuci semua bahan hingga bersih
  2. Tumbuk hingga halus kemudian tambahkan ½ cangkir air masak dan 1 sdm madu.
  3. Peras dan saring untuk di ambil airnya

Aturan Pakai
  • Minum ramuan ini sehari 2 kali

Takokak adalah salah satu bahan ramuan tradisional penting yang berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit.  Salah satu manfaat kesehatan dari takokak adalah melancarkan aliran darah. Jika kita memiliki aliran darah yang baik, kita bisa terhindar dari beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.

Apa itu Takokak?

Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu. Nama dalam perdagangan internasional tidak baku, beberapa di antaranya adalah turkey berry ("buni turki") atau mini-eggplant ("terung mini").

Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Batak Toba, Minangkabau) dan tekokak.

Takokak adalah tumbuhan semak kecil, yang tingginya dapat mencapai 5 m. Namun biasanya, kurang dari 2 m. Hampir semua bagian tumbuhan ini berduri, kecuali hanya buah yang ditutupi rambut.

Daunnya bulat telur dengan pangkal seperti jantung atau membulat, dengan ujung yang tumpul. Panjang daun 7–20 cm dan lebarnya 4–18 cm.

Tangkai perbungaannya pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih, yang di tengahnya kuning. Buahnya berjenis buah buni, kecil, dan banyak.

Spesies ini tersebar di Antilla. Namun kini tersebar luas di wilayah tropis. Di Indonesia, ia tumbuh liar di hutan-hutan semak dan hutan-hutan terbuka. Hidup dari dataran rendah sampai pada ketinggian 1600 mdpl.

Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Jantung

Mengandung senyawa seperti saponin, flavonoid, torvosida, alkaloid, glikosida, tanin, kolorogenome, dan lain-lain yang sebenarnya merupakan antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular, stroke dan kanker.

Daun takokak merupakan jenis tanaman obat dan jus untuk mengatasi penyakit jantung, hipertensi, kolesterol dan stroke. Takokak ini berkhasiat untuk mengatasi Jantung berdebar, serta nyeri jantung.

Panduan Mengkonsumsi Ramuan Obat Alami - Tips Keamanan dan Waspada Efek Samping
Beberapa bahan alami yang ada pada ramuan obat herbal penyakit jantung di atas memang aman untuk dikonsumsi. Meski aman, bukan berarti tidak menyebabkan efek samping, Jadi, supaya terhindar dari bahaya, berikut ini adalah tips-tips aman mengonsumsi obat herbal.
  • Jangan mengkonsumsi ramuan Daun Takokak obat penyakit jantung, secara berlebihan
  • Gunakan Rumus 4T+1W (tepat penggunaan, tepat pemakaian, tepat jenis ramuan obat herbal, tepat dosis dan cara pemberian, serta waspada efek samping)
  • Ramuan obat herbal tidak dapat dikonsumsi oleh semua orang. Ada sebagian kalangan yang sebaiknya berhati-hati atau menghindari senyawa yang terkandung pada tanaman tertentu.
  • Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Perawatan sakit jantung, juga disebut penyakit kardiovaskular, memiliki penanganan bervariasi dan dapat berupa perbaikan gaya hidup, obat-obatan, operasi, pemasangan stent, alat pacu jantung, dan ablasi. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapat saran medis.